Selasa, Ogos 22, 2017

10 Tanaman Yang Boleh Hindari Nyamuk.


 
Masalah nyamuk? Sudah tentu ramai yang akan mencari ubat nyamuk sebagai solusi untuk menghalau nyamuk. Namun tahukah anda, ada jenis-jenis tanaman semula jadi yang sememangnya ditanam sebagai tanaman yang boleh dijadikan sebagai anti nyamuk atau penghalau? Berikut ini adalah senarai 10 tanaman yang mampu mengusir nyamuk:
1. Bunga Geranium / Tapak Dara

 

Jenis tanaman ini mengandung zat yang mudah terbang memenuhi udara sekitarnya. Geranium sangat mudah ditanam didalam pasu atau terus ditanah, kalau di pasu, ianya boleh pindahkan ke pelbagai tempat dengan mudah.



2. Bunga Lavender
Tanaman ini asli dari Pegunungan Alpen di Negara Swiss berwarna ungu, bergerombol diujung tangkai. Tanaman ini biasanya menghiasi padang rumput di kaki pegunungan Alpen, indah sekali. Tapi nyamuk sangat tidak suka, sebab aroma bunga ini membuat nyamuk pening. Kenapa? Karena bunga lavender mengandung zat linalool dan lynalyl acetate. Kedua zat ini boleh diperoleh dari proses penyulingan sehingga boleh diproses menjadi bahan anti nyamuk. Apakah kita perlu menyuling bunga lavender? Tidak, kita cuma perlu menanamnya di pasu atau tanah berhampiran tingkap bilik tidur kita. 3. Bunga Rosemary
Selasih (Ocimum) adalah tumbuhan yang boleh dimanfaatkan daun, bunga, dan bijinya sebagai rempah serta penyegar (tonikum). Pelbagai bahagian tumbuhan ini berbau dan berasa khas, kadang-kadang langu, harum, atau manis, tergantung jenisnya. Ada di antaranya yang boleh menyebabkan mabuk. Tumbuhan ini juga berguna untuk mengusir nyamuk. Beberapa jenis selasih, misalnya kemangi, berasal dari Asia Tenggara, namun sebagian besar dianggap berasal dari anak benua India.
4. Citrosa Mosquito
Tumbuhan ini adalah musuh nyamuk….dan sangat menyukai sinar matahari. Menjaganyanya cukup mudah dan tidak memerlukan perhatian khusus. Hanya dengan air dan pupuk. Ketika disentuh, tumbuhan ini mengeluarkan bau limau yang sangat kuat yang akan mengusir serangga. Tumbuhan ini berasal dari Belanda.

5. Mintrosa of Lady Diana
Hampir sama dengan tumbuhan cintrosa, tumbuhan ini juga sangat dibenci nyamuk. Penjagaannya juga sangat mudah dan biasanya dijadikan tanaman penghias rumah. Tumbuhan ini juga mengeluarkan aroma atau bau yang sangat kuat sehingga dibenci oleh nyamuk. Tumbuhan ini berasal dari Belanda. Seperti Citrosa Mosquito, adalah sangat sukar untuk menemui jenis bunga ini di negara kita.

6. Marigold
Marigold berasal dari Mexico dan Guatemala. Terdapat dua jenis marigold yaitu Tagetes erecta (African Mari¬gold ) dan Tagetes patula (Dwarf French Marigold). Biasanya bunga ini digunakan untuk ditanam di taman-taman . Kedua-duanya kadang-kala dikenali dengan nama  sebagai Bunga Tai Ayam



7.  Bunga Kantan
Bunga Kantan (Etlingera eliator; sinonim Nicolaia elatior, Phaeomeria speciosa) adalah sejenis tumbuhan rempah dan merupakan tumbuhan tahunan berbentuk terna yang bunga, buah, serta bijinya dimanfaatkan sebagai bahan sayuran. Bunga ini juga dapat mengusir nyamuk. Nama lainnya adalah sianta.


8. Zodia
Orang Papua terbiasa menggosok kulitnya dengan dedaunan tertentu sebelum masuk ke hutan. Maksudnya agar terlindungi dari serangan serangga, khususnya nyamuk. Daun-daun tersebut berasal dari tanaman yang disebut zodia (Evodia suaveolens). Kita ketahui, zodia ini tanaman asli Indonesia yang berasal dari Papua.


9. Serai wangi
Serai telah dikenal sebagai salah satu bahan yang sering digunakan sebagai bahan memasak, tetapi ada manfaat lain yang tidak kalah penting yaitu sebagai tanaman pengusir nyamuk. Tanaman yang termasuk bangsa rumput-rumputan ini tidak disukai nyamuk karena adanya zat geraniol dan sitronelal. Ekstrak serai juga telah dimanfaatkan dalam pembuatan losyen pengusir nyamuk dengan aromanya yang khas. 10. Akar Wangi
Tumbuhan Akar Wangi dapat mengendalikan populasi Nyamuk Denggi deman berdarah. Nyamuk Denggi demam berdarah, konon sangat takut menghadapi tumbuhan akar wangi. Bau menyengat yang keluar dari tumbuhan ini cukup mematikan bagi nyamuk jenis itu. Kita boleh menggunakan tumbuhan ini sebagai senjata ampuh untuk mengusir nyamuk Selain baik untuk kesehatan, baik juga untuk persekitaran dan indah juga untuk penghias kawasan lapang!

Sumber dipetik: BidanKampung

Tiada ulasan: